Thursday, May 4, 2017

UNBK 2016/2017 !!!

      UNBK , YA itulah pengalaman kami saat ujian nasional 2016/2017. Mungkin tidak semua sekolah menyelenggaran ini. Dari seluruh  smp yang ada diIndonesia hanya 132 sekolah saja yang menyelenggaran UNBK.  Contohnya kami,  SMP N 1 Ajibarang.  Kami adalah salah satu contoh sekolah yang meyelenggarakan UNBK. Kami menyelenggarakan UNBK ini awalnya kami menolak,  karena tidak adanya sarana dan prasarana ujian,  seperti komputer.  Ya,  memang kami hanya mempunyai 1 lab komputer,  namun itu tidak menjadi halangan kami bersemangat manghadapi ujian.  Kami menyediakan sendiri laptop untuk ujian,  dalam hal ini,  setiap 3 orang wajib menyediakan laptop minimal 1 buah.  Dan cara tersebut akhirnya kami dapat menghadapi UNBK dengan lancar.
      Memang tahun pelajaran kami terkesan berantakan , contohnya kami menjadi uji coba Kurikulum 2013 atau K13 pada semester 1 kelas 7. Pada akhirnya kita kembali me KTSP sampai kelas 9. Yang kedua kami menjadi angkatan pertama yang menjalani UNBK. Tapi itu semua menjadikan kami lebih semangat dalam belajar.  Berikut fakta fakta tentang UNBK :
1.) Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di Gunungkidul berjalan lancar. Namun tak semua bisa ikut, ada 26 siswa tingkat SMP di Kabupaten Gunungkidul tidak mengikuti UNBK.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul Bahron Rosyid menerima laporan 26 siswa tidak mengikuti UNBK. Sebagian besar siswa yang tidak hadir memilih untuk bekerja.

Dari 26 siswa yang tidak hadir, 21 siswa dilaporkan meninggalkan sekolah karena berbagai alasan termasuk bekerja. Sisanya, empat anak meninggal dunia dan satu sakit.

"Anak-anak kami memilih bekerja, faktor ekonomi yang menyebabkan mereka meninggalkan sekolah," katanya, Kamis (4/5/2017).

2.) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMP masih berlangsung. Seorang siswi SMPN 5 Blora, Jawa Tengah, terpaksa mengerjakan soal ujian di dalam mobil ambulans karena belum pulih usai menjalani operasi.

*) dikutip dari liputan6.com

Sekian,  sampai jumpa lagi di hal selanjutnya,  semangat buat yang lagi UNBK dan semoga tahun ini dan tahun tahun berikutnya dapat menjalankan UNBK dengan lancar

0 komentar:

Post a Comment